Standup Indo Cirebon sajikan hiburan kreatif kepada masyarakat


KOMUNITAS Standup Comedy Cirebon yang telah dibentuk pada 9 Februari 2012 ini oleh asli pemuda-pemuda Cirebon. Yakni Bang Jiko, Iyos, Riandy, Ryan Ardiansyah, Ami, Yudha, dan Wawan yang kesemuanya memiliki hobi bergurau atau ngelawak.

Maka tak heran jika di komunitas ini, semua anggotanya yang kini mencapai lebih dari 30 orang itu, tipe-tipe penghibur dengan canda-canda kreatif mereka. Tak sekadar itu, dalam aksi canda mereka yang biasa ditampilkan pada kegiatan-kegiatan yang berbau humor itu, mereka sering kali menyamaikan pesan-pesan kritik pada pemerintah, pesan-pesan positif, maupun hal-hal yang sifatnya memberikan motivasi bagi para penontonnya dengan kas canda mereka.

Menurut Manager Tallent Komunitas Standup Comedy Cirebon tersebut, Wawan, komunitasnya yang ia bentuk bersama teman-teman comedy lainnya di Cirebon tak lain sebagai bentuk wadah untuk memberikan sarana menghibur bagi masyarakat luas, khususnya warga Cirebon sendiri.

“Kami bentuk awalnya pengen membuat komunitas yang beda saja dan yang lebih penting ialah sebagai sarana untuk kumpul serta memberikan hiburan kepada masyarakat,” ujar Wawan kepada KC, Jumat (22/1/2016).

Komunitas Standup Comedy Cirebon yang kini sudah berumur hampir empat tahun tersebut, kata Wawan, mempunyai banyak kegiatan yang rutin dilakukan pihaknya hingga sekarang.

Seperti di antaranya, kumpul comic atau membahas materi-materi bari para comic (standup comedian) sebelum tampil di panggung. Kemudian open mic artinya menguji atau performing materi para comic di depan panggung.

“Kemudian standup show yakni event standup berbayar yang biasanya mendatangkan comic dari mancanegara dan comic local sebagai openirnya dengan membawakan materi yang sudah teruji saat openmic. Kemudian standup charity yakni standup show yang diisi para comic local yang dimaksudkan sebagai penggalangan bagi mereka yang membutuhkan,” ujarnya.

Dari kegiatan yang dilakukan bersifat sosial tersebut, kata Wawan, komunitasnya, aku Wawan, belum lama ini telah memberikan sumbangan kepada warga Cirebon yang menyandang tumor.

Dengan komunitas yang diikutinya sejak tahun 2012 itu, Wawan mengharapkan ke depannya Komunitas Standup Comedy Cirebon mampu mencetak comedian-comedian yang mampu tampil di kancah nasional seperti salah satu anggotanya, yakni Yudha.

“Kami harapkan ke depannya komunitas kita ini mampu menampung sesame pecinta dan sesama pegiat standup comedy. Di samping itu kita juga mengharapkan ke depannya mampu melahirkan comic-comic hebat yang tampil di kancah nasional,” harap Wawan.

Sumber : kabarcirebon

Previous Pandji Pragiwaksono Bikin Tur Dunia Stand Up Comedy
Next 'Stand Up Comedy Bandung' tempat berkumpulnya para komika