‘Stand Up Comedy Bandung’ tempat berkumpulnya para komika


Stand Up Comedy atau komedi tunggal saat ini terus berkembang di Indonesia. Sejak komunitas Stand Up Indonesia didirikan di Jakarta pada 2011, keberadaannya mulai merambah ke kota-kota besar di Indonesia, termasuk Kota Bandung.

Adalah Komunitas Stand Up Comedy Bandung yang merupakan tempat berkumpulnya para pelawak tunggal atau biasa disebut komika itu. Komunitas ini terbentuk bertepatan dengan acara Stand Up Nite Indo 2 yang digelar oleh Komunitas Stand Up Indonesia di Bandung pada 2 Agustus 2011. Acara itu terbilang sukses karena berhasil menyedot pengunjung.

“Jadi setelah suksesnya Stand Up Nite, komunitas Stand Up Indo membuat di Bandung karena kebetulan founder Stand Up Indo itu ada orang Bandung. Jadi dia pengen bikin di Bandung. Waktu pertama bikin, anggotanya masih sedikit cuma 10 orang,” ujar Ketua Stand Up Comedy Bandung Guzman Sige kepada Merdeka.com, Selasa (3/11).

Sejak dibentuk Agustus 2011, ada beragam kegiatan dilakukan oleh komunitas ini. Setiap hari Jumat para anggota sering berkumpul untuk sharing. Di sini menjadi tempat untuk belajar teknik-teknik dasar stand up. Mulai dari menulis materi hingga cara menyampaikannya ke publik. Kemudian di hari Minggu digelar kegiatan open mic yang biasa digelar di Bober Cafe pukul 19.00 WIB.

“Open mic ini ngasih tau ke audience. Jadi ngetes materi yang ditulis sama komika yang udah di sharing, kemudian ditampilkan ke depan audience. Apakah materinya berhasil atau tidak,” kata Guzman.

Komunitas ini sering menggelar beragam acara. Sejak Kota Bandung memiliki komunitas stand up comedy sendiri, acara stand up nite digelar oleh komunitas ini. Event ini rutin digelar setiap beberapa bulan sekali untuk menguji kemampuan para komika di Bandung.

“Stand Up Nite itu ibaratnya kaya wisuda komika. Jadi kalo ada komika yang naik di Stand Up Nite, dia udah sah sebagai seorang komik secara enggak langsung,” ucapnya.

Tak hanya itu, Komunitas Stand Up Comedy Bandung juga ikut berpartisipasi di acara besar yang digelar oleh Komunitas Stand Up Indo yakni Stand Up Festival. Acara ini digelar rutin setiap satu tahun sekali yang menjadi ajang berkumpulnya para komika dari seluruh tanah air.

“Acara ini ibaratnya lebaran komika yang digelar setiap setahun sekali di Jakarta. Di sini juga ada perlombaan antar komunitas namanya Street Comedy,” katanya.

Saat ini jumlah anggota Komunitas Stand Up Comedy Bandung ada lebih dari 70 orang. Mereka datang dari berbagai kalangan mulai dari pelajar sekolah, mahasiswa, hingga pekerja.

Stand up comedy di Kota Bandung terus berkembang hingga saat ini. Bandung sendiri menjadi salah satu kota yang banyak melahirkan komika-komika andal; sebut saja Ge Pamungkas, Budi Kusuma, Mo Sidiq yang saat ini sering wara-wiri di layar kaca.

Jika anda tertarik untuk bergabung silakan datang langsung ke Bober Cafe di Jalan LLRE Martadinata (Riau) Nomor 123 saat acara sharing setiap Jumat. “Langsung ikut ngumpul aja, karena kita enggak ada biaya registrasi pendaftaran, yang penting ikut datang, ikut nongkrong dan ikut bikin materi segala macamnya. Dan hari minggunya rajin ikut open mic,” ungkap Guzman.

Jika Anda masih penasaran dengan komunitas ini pantau saja kegiatan mereka di media sosial. Mereka biasa memposting kegiatan mereka di akun Twitter @StandupIndoBdg.

Sumber : Merdeka.com

Previous Standup Indo Cirebon sajikan hiburan kreatif kepada masyarakat
Next Let's Make Laugh! Audisi SUCI 7 KOMPAS TV