Sambutan Ketua Baru @StandupIndo: Sebuah Giliran yang Diterima dengan Hangat


Dear Comic, Admin dan Stand-up Comedy Enthusiast,

Menyambut pengumuman sebelumnya tentang pergantian ketua @StandupIndo, gua Sam Darma Putra atau biasa dikenal di dunia per-comic-an dengan nama Sammy @notaslimboy, merasa perlu untuk menyapa semua yang selama ini terlibat dalam perkembangan stand-up comedy di Indonesia lewat wadah komunitas @StandupIndo dan semua komunitas yang telah berdiri di kota atau kampus di seluruh Indonesia.

Pertama, gua mau klarifikasi, ketua bukanlah jabatan yang prestise dalam kepengurusan ini. Kalau bisa dibilang, ini adalah sebuah ‘giliran‘ yang gua terima dengan senang hati dari duet ketua dan co-founder: Ernest Prakasa (@ernestprakasa) dan Isman Hidayat (@ismanhs). Giliran ini gua terima dengan sebuah kecintaan terhadap kesenian komedi, khususnya stand-up comedy. Giliran ini gua anggap sebuah ‘amanah’ supaya stand-up comedy bisa semakin berkembang melalui wadah @StandupIndo yang dikelola bersama dengan semangat komunal.

Komunitas bukanlah regulator, dia merupakan sebuah wadah untuk berkarya. Tapi di lain pihak akan susah memang kalau semua dibiarkan mengambang, harus ada garis komando yang tujuannya tidak lain untuk kebaikan bersama.

Sebagai contoh, banyak teman-teman yang sangat antusias terhadap perkembangan stand-up comedy, lalu dengan bersemangat membuka open-mic sendiri di area dia. Diharapkan teman-teman bersinergi dengan komunitas terdekat yang sudah ada, siapa tahu jarak tidak terlalu jauh. Hal ini bukan untuk membatasi, tapi justru untuk sinergi yang lebih kuat dengan komunitas yang sudah ada. Keuntungannya bisa mendapat support dari comic dan admin yang mungkin sudah lebih berpengalaman. Kalau pun nanti toh buat open-mic sendiri, sinerginya tetap akan terjaga.

Komunitas ini punya pendekatan yang lebih bersifat kekeluargaan dibanding organisasi formal. Oleh karena itu, komunitas yang sudah ada sangat terbuka, gua ulang, sangat terbuka, bila ada yang ingin ikut aktif sebagai comic, pengurus, admin, penyelenggara/panitia stand-up nite di masing-masing area.

Main dan sok akrab saja dengan teman-teman di komunitas, nggak akan diapa-apain, palingan dikerjain disuruh jadi MC, haha. Jadi membuka komunitas baru tentu tidak disarankan kalau jarak dengan komunitas eksisting tidak terlalu signifikan. Namun seandainya pun ingin punya komunitas sendiri tentu tidak dilarang. @StandupIndo akan mendukung semua komunitas untuk berkembang selama ada sinergi yang dibangun dari saling pengertian anggota dan komunitas di setiap area.

Bagi para admin dan pengurus di seluruh Indonesia, gua butuh banget dukungan kalian. Terima kasih untuk apa yang sudah diperjuangkan selama ini di daerah masing-masing. Terima kasih untuk semua open mic yang sudah diatur dengan sukarela, untuk semua stand-up nite yang boleh berlangsung, untuk semua acara off-air dan on-air yang sudah diusahakan selama ini dan kemitraan yang dibangun di daerah masing-masing.

Selanjutnya tugas kita bersama untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja kita untuk kesenian ini. Kalau banyak penilaian bahwa stand-up comedy hanya tren sesaat, maka kita sendiri yang dapat membuktikan bahwa penilaian itu salah. Kalau banyak yang meragukan, sampai kapan tren ini bertahan? Jawabannya adalah sampai kita berhenti berkarya. Kalau kita tidak berhenti berkreasi maka semua ini niscaya  bukan sebuah kesenian yang ‘hangat-hangat taik ayam’(walaupun gua belum pernah pegang taik ayam), atau ‘semangat gasing’ yang hanya sebentar berputar kencang lalu sebentar loyo. Kok jadi kebanyakan perumpamaan nih, haha.

Kepengurusan lama tetap berjalan seperti semula, sampai ada rapat pembentukan atau restrukturisasi pengurus dalam waktu dekat.

Agenda terdekat adalah mengikut Social Media Festival yang diselenggarakan oleh Komunitas Langsat Bulan Oktober ini. Pengumuman mendetil tentang acara ini akan terus dikumandangkan lewat twitter dan lewat blog ini.

Perhelatan besar lain di akhir tahun #StreetComedy3 juga sedang digodok supaya bisa lebih baik dari penyelenggaraan season sebelumnya.

Akhir kata, mari kita bekerja bersama membangun kesenian ini.

Salam hangat

Sammy @notaslimboy

VIVA LA KOMTUNG!!!

Previous Never Underestimate The Power of Diction”
Next Pengumuman: Pergantian Ketua @StandUpIndo Untuk Periode 2012-2013


  • Sean Watkins

    Phasellus facilisis, orci feugiat aliquet pharetra, justo nunc posuere tortor, at cursus quam lacus vel est. Donec nec imperdiet nunc.