Pengumuman: Pergantian Ketua @StandUpIndo Untuk Periode 2012-2013


Sam D. Putra Ketua Eksekutif @StandUpIndo

Pada Rabu 15 Agustus 2012 lalu, diadakan pertemuan pengurus dadakan terkait evaluasi @StandUpIndo sebagai komunitas: apakah visinya masih sesuai atau sudah perlu berubah (mengingat perkembangan stand-up comedy yang begitu cepat) ?

Salah satu poin kesepakatan juga adalah bahwa jabatan ketua eksekutif @StandUpIndo akan bergilir per tahun, agar tetap menjadi peran operasional, bukan sekadar “figur”. Orang yang sudah memegang peran tersebut tidak tertutup untuk kemudian hari menjalankan peran itu lagi walau sebaiknya sih terus berganti. Sekali lagi, yang penting untuk kita pahami : ketua eksekutif adalah peran operasional. Fungsinya mengajak kita jalan bareng ke tujuan yang sama. Jadi walau bergilir, ini bukan piala. Piala itu pertanda kita telah mencapai sesuatu–prosesnya sudah lewat. Peran ini justru merupakan pertanda tanggung jawab kita baru mulai untuk mencapai sesuatu.

Visi

Visi @StandUpIndo sendiri tetap sama: merintis industri stand-up comedy di Indonesia. Kini diperjelas menjadi dua tujuan utama:

– Menjadi barometer stand-up comedy di Indonesia
Salah satu poin menjadi barometer adalah kemandirian : tidak disetir media atau pun mitra lainnya. Komunitas bisa punya nilai tawar untuk jadi yang menentukan arah atau sikap terkait industri yang kita rintis bersama.

Empowering/memberdayakan talenta serta komunitas stand-up di Indonesia. (Terutama yang memutuskan berprofesi di industri.)

– Pemberdayaan talenta secara langsung tetap berada di tingkat komunitas daerah atau kampus sendiri. @StandUpIndo lebih berfungsi memfasilitasi peluang untuk meningkatkan exposure atau jejaring.

Struktur Organisasi

Struktur organisasi dinilai sudah cukup efektif. Karena itu, perubahan hanya ada di dua poin:
Bagian kerja sama media dan non media dilebur menjadi satu bagian: “business development“ (nama tentatif)

Peran business development ini nanti akan aktif mengaitkan peluang bisnis dengan berbagai komunitas yang ada. Peran ketua tim koordinator regional dihilangkan

Peran ini redundan. Para koordinator regional (Jabodetabek, Jabar-Banten, Sumatera, Jateng-Yogya, Jatim-Bali, Kalimantan dan Indonesia bagian Timur) nanti bisa berkomunikasi langsung dengan ketua eksekutif. Nama para koordinator regional mungkin berubah, tergantung kebutuhan dan situasi.

Dengan ini, tanggung jawab kami, Ernest sebagai Ketua Eksekutif dan Isman sebagai Ketua Tim Koordinator Regional untuk periode pertama berakhir. Terima kasih atas kerja sama teman-teman selama ini! Mohon maaf dan harus (wajib!) maklum atas segala kekurangan selama ini. (Berhubung pengumuman ini kesannya formal banget, sekalian aja tepuk tangan ala acara kantoran, ya? Dimulai… sekarang!

Jangan terlalu bentar gitu, dong. Tambah lima tepuk lagi, atuh.
Ya udah, tiga tepuk deh.
Sepakat.

Tentunya, tanpa memegang peran struktural pun kami akan tetap aktif di @StandUpIndo, karena yang menggerakkan komunitas adalah inisiatif, kemandirian, kebersamaan, dan tanggung jawab. Peran dan struktur bukanlah untuk membatasi, melainkan untuk mendukung kelancaran. Untuk periode berikutnya, Ketua Eksekutif @StandUpIndo adalah Sam D. Putra. (Mohon tepuk tangannya jangan lebih banyak daripada yang untuk kami.)

Mari terus rintis bersama industri yang kita cita-citakan.

Viva la Komtung!

Previous Sambutan Ketua Baru @StandupIndo: Sebuah Giliran yang Diterima dengan Hangat
Next Standupindo dan Metro TV Mempersembahkan : Stand-up Comedy Festival